Rabu, 21 Februari 2018

Saluran Irigasi Jebol, Petani dan TNI Turun Tangan


Para petani dibantu anggota TNI Koramil 03 Pegandon, melakukan perbaikan saluran irigasi, Selasa (20/2). Pasalnya saluran irigasi yang menjadi andalan pengairan pertanian tersebut sering kali jebol apabila turun hujan dengan intensitas tinggi.

Kapten Inf Heri Martono selaku Danramil 03 Pegandon Kodim 0715/Kendal, mengatakan saluran irigasi ini digunakan petani untuk menopang pengairan pertanian khususnya di empat desa wilayah Kecamatan Ngampel. Yakni Desa Jatirejo, Jatisari, Ngampel Wetan dan Ngampel Kulon.

"Saluran irigasi ini kondisinya memprihatinkan. Karena jadi penopang sumber mata air bagi pertanian, maka kami terjunkan anggota untuk mengambil bagian bersama para petani guna memperbaiki saluran ini," kata dia.

Lebih lanjut, Danramil 03/Pegandon menyampaikan bahwa Lahan pertanian di wilayah kecamatan Ngampel dan sekitar memiliki potensi hasil pertanian yang bagus. Sangat disayangkan jika potensi pertanian ini rusak akibat saluran irigasi jebol, dan berdampak pada produksi pertanian warga. Untuk menjaga ketahanan pangan di daerah tersebut, lebih lagi hasil produksi padi petani  luar biasa dengan luasan lahan areal pertanian yang ada.

"Maka, kita dampingi petani untuk bersama-sama menjaga dan merawatnya," tukas dia. Heri Martono menyatakan, saluran irigasi sekunder ini sangat vital bagi kebutuhan luasan lahan areal pertanian yang mencakup di empat desa wilayah Kecamatan Ngampel. "Harapanya ada perhatian dari pemerintah melalui dinas terkait. Sehingga irigasi ini bermanfaat bagi pertanian warga," tandas dia.

Praptono (51) Salah seorang petani, mengaku senang dan antusias dibantu serta didampingi para anggota TNI untuk memperbaiki saluran irigasi yang kerap jebol tersebut apalagi disaat turun hujan.

"Terima kasih pada TNI yang ikut peduli memperbaiki tanggul saluran irigasi ini. Saluran irigasi ini satu-satunya saluran air yang digunakan warga untuk mengairi lahan pertanian," kata dia.

Keberadaan bintara pembina desa (babinsa) dari Koramil setempat dirasa sangat membantu petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian petani. Mereka mendapingi mulai awal tanam, perawatan hingga masa panen.

"Hampir  tiap hari ada Babinsa yang ikut terjun ke sawah mendampingi petani. Semoga diperbaikinya saluran irigasi ini kembali bisa meningkatkan hasil produksi pertanian lebih baik," ungkap dia.


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html